Last Updated:
merva mockup
Merva Logo

Tentang Merva

 

Merva adalah sebuah tempat untuk berbagi. Terutama buah pikiran, renungan, pengalaman dan semua hal yang saya petik dalam hidup. Ada  yang bersifat murni teknis bisnis, ada yang bersifat teknologi, perkembangan pribadi, tapi banyak juga yang bersifat spiritual.

Karena sebagai pengusaha yang bolak-balik bangkrut, jatuh bangun, dan memulai lagi semuanya sendiri, pelajarannya seringkali bukan hanya bisnis. Sangat sering bersifat emosional. Tak jarang justru bersifat spiritual. Dan pada akhirnya semuanya membuat saya menjadi lebih rendah hati. Karena sepenuhnya menyadari bahwa apapun yang saya capai di bumi ini semuanya akan saya tinggalkan disini. Semuanya bisa lenyap seketika. 

Satu hal penting yang dengan susah payah saya sadari setelah jatuh berkali-kali adalah betapa pentingya memperbaiki alam bawah sadar dan alam tidak sadar kita sendiri. Ini sangat sulit diperbaiki karena memang tidak disadari. Semuanya terbentuk ketika kita berumur kurang dari 8 tahun. Setelahnya kita lupa, tapi mengendalikan hidup dan seringkali menjadi takdir kita.

Menyadari dan kemudian memperbaiki hal-hal semacam ini ternyata berpengaruh langsung dengan kehidupan saya sehari-hari, Juga berpengaruh terhadap bisnis saya. Semuanya saya tuliskan di blog ini. Karena semuanya berkaitan. Teori dan pengetahuan hanyalah sebaik mereka yang mampu menerapkannya. Dan yang menerapkan selalu manusia dengan emosinya.

Maka dalam konteks itu membagikan apa yang telah saya pelajari menjadi jauh lebih penting daripada sekedar berapa banyak uang yang sudah saya kumpulkan. Keseluruhan website ini dirancang untuk bertahan lama, ringan, kuat dan nyaman dilihat dengan satu tujuan: agar dibaca dan berguna untuk para pembaca. 

Kenalkan, nama saya Eka. Lengkapnya Agus Eka Maharta.  Saya adalah pendiri dari blog ini. Saya beberapa kali membangun bisnis serta jatuh bangun di dalamnya. Dan masih terus berjalan dan menikmati prosesnya. Aneka tulisan dalam blog ini adalah jejak yang saya coba tinggalkan. Semoga berguna.

 

Denpasar, 1 Mei. 2023