Last Updated:
Ilustrasi Passion

Dalam Bisnis, Passion Dulu atau Mulai Aja Dulu?

Eka
Eka Belajar Bisnis

Saya percaya bahwa passion atau kecintaan pada bisnis yang sedang ditekuni sangatlah penting untuk mencapai sukses. Namun, ada pertanyaan yang menarik muncul, "Apakah bisnis perlu passion dulu atau mulai saja dulu?" Sejenak saya berpikir, karena perjalanan menuju sukses dalam bisnis tidaklah mudah, dan banyak tantangan dan kegagalan yang harus dihadapi. Dan passion dalam hal ini mirip obat bius yang meringankan rasa sakit.

Dalam menghadapi tantangan dan kegagalan tersebut, kecintaan yang kuat terhadap bisnis sangatlah penting. Kita akan terus berjuang dan mencari solusi atas setiap masalah yang muncul jika kita mencintai bisnis kita. Tanpa kecintaan tersebut, sedikit saja masalah akan membuat kita mundur.

Ketika kita memiliki passion atau kecintaan pada bisnis, kita akan merasa bahwa bisnis yang kita jalani adalah hobi yang sangat menyenangkan, dan kita tidak merasa sedang bekerja. Namun, passion saja sudah pasti tidak cukup untuk bisa sukses dalam bisnis. Ada sangat banyak hal yang harus dipelajari dan dikuasai, seperti strategi pemasaran, manajemen keuangan, produksi dan penjualan.

Saya ingat ketika memulai bisnis saya, saya merasa tidak siap untuk menghadapi tantangan yang muncul. Namun, dengan terus belajar dan mencoba hal-hal baru, saya merasa semakin percaya diri dan siap menghadapi tantangan bisnis yang lebih besar.

Sebenarnya, mulai dengan passion atau mulai saja dulu keduanya bisa. Namun, passion akan membuat kita bertahan lebih lama. Konsistensi dan persistensi juga hal yang sangat mendasar dan penting dalam menjalankan bisnis. Bahkan hanya dengan persisten, konsisten dan kemauan untuk terus belajar akan membuat anda berhasil dalam jangka panjang. Jadi jangan takut untuk terus belajar, mencoba hal-hal baru dan berani menghadapi setiap tantangan yang muncul.

Dengan kecintaan akan bisnis, ketekunan, kegigihan, dan keterampilan yang cukup, saya yakin bahwa siapapun dapat mencapai sukses dalam bisnis yang ditekuninya.

Jika ingin memulai bisnis, jangan takut untuk mencari passion terlebih dahulu dan terus meningkatkan keterampilan. Atau kalau anda memilih untuk mulai saja dulu. Keduanya bisa. Tapi ingat, bisnis adalah permainan dengan jangka sangat panjang.

Dengan semangat, kerja keras, terus belajar, konsisten dan persistensi anda juga dapat meraih kesuksesan yang anda impikan. Saya tak pernah bertemu pengusaha sukses yang tak suka belajar. Tak pernah. Jadi teruslah bejar, karena dalam prosesnya pengusaha manapun akan membuat sangat banyak kesalahan. Sekali lagi sangat banyak.

Memulai usaha bisa dari banyak cara. Tak harus perlu modal besar. Paling tidak, itulah pengalaman saya. Saya memulai dengan menjadi agen properti. Dengan alasan ini adalah hal sederhana yang saya lakukan. Menyenangkan, tak perlu modal, punya potensi penghasilan besar, dan yang terpenting, ini melatih skill bisnis saya. Detailnya bisa anda baca disini

image credits: Andrew Neel