Last Updated:
Ilustrasi Agen Properti

Agen Properti: Profit Maksimal Modal Minimal

Eka
Eka Belajar Bisnis

Apa cara paling cepat memulai bisnis properti? Pengusaha berbeda akan menjawab hal yang berbeda. Tapi bagi saya untuk mulai masuk ke dunia properti, dari "0", tanpa modal, tanpa pengetahuan, tanpa keterampilan, dengan resiko minimal tapi tetap aman dan bisa membawa banyak keuntungan. Caranya adalah dengan menjadi agen properti.

Tentu saja saya tak mengatakan dengan menjadi agen properti hari ini, besok anda akan kaya raya. Ada proses disini, ada kerja keras, ada integritas, ada keterampilan yang harus dilatih. Ada banyak hal yang harus dipahami, dikuasai, diasah.

Hard skill seperti membuat iklan dan mencari listing, sudah pasti harus dilatih. Tapi soft skill seperti negosiasi, komunikasi juga harus dilatih. Cuma itu? Belum! Masih ada mindset yang harus diperbaiki. Menjadi agen properti bukan cara kaya dengan cepat dan mudah.  Ada sangat banyak tantangan.  Setelah mindset terus selesai? Belum!

Dari pengalaman saya masih ada lagi yang jauh lebih dalam dari mindset, yaitu pikiran bawah sadar, pikiran tidak sadar, dan belief system. Apa maksudnya? Manusia memiliki 2 jenis pikiran: sadar dan bawah sadar. Ini bukan teori karangan saya, tapi dari Carl Jung, salah satu peletak dasar psikologi moderen. Di Indonesia, ini dikembangkan dengan sangat baik oleh Adhi W Gunawan, salah satu hipnoterapis klinis terbaik yang pernah dimiliki di negri ini.

Lalu apa hubungannya dengan agen properti? Sederhananya begini, kalau pikiran bawah sadar anda meyakini profesi agen properti itu adalah profesi rendahan, remeh dan nista, maka hampir pasti anda akan kesulitan menjadi agen properti profesional dengan hasil besar.

Keyakinan negatif seperti contoh diatas seringkali didapat dari lingkungan, dari keluarga, terutama saat kecil sebelum berumur 8 tahun. Tapi keyakinan ini terbawa hingga dewasa dan menentukan hampir segala hal dalam hidup. Semuanya tanpa disadari. 

Ini adalah salah satu hal yang sangat mempengaruhi rejeki, closing, atau profit sebagai pengusaha. Tentu bukan sekedar menjadi agen properti, tapi juga usaha apapun dan profesi apapun. 

Jadi dari hard skill, soft skill, mindset, dan subconcious mind atau pikiran bawah sadar, semuanya harus selaras. Dua yang pertama yaitu hard skill dan soft skill ternyata hal yang paling mudah dipelari tapi ironisnya paling kecil pengaruhnya. Lucunya dua hal ini paling sering digembar gemborkan, dan dilatih habis-habisan. 

Sementara mindset dan subconcious adalah dua hal yang paling sulit dikenali, diperbaiki dan ditingkatkan. Tapi pengaruhnya kalau menurut pengalaman saya adalah 95% dari keseluruhan. Dan ini sangat jarang kalau tidak tak pernah disentuh kantor properti manapun.

Ini  menjelaskan mengapa seorang agen properti tradisional alias makelar tanah yang bekerja tanpa pelatihan, tanpa merek besar, tanpa sistem apapun bisa mendapatkan hasil yang besar.  Ini karena mindset dan subconcious mind yang tepat. Walau mungkin memiliki hard skill dan softskill yang buruk.

image credit: RDNE Stock Project