Last Updated:
Ilustrasi  website murah

Website Murah: Blog Ini Saya Buat Hanya dengan Rp60 Ribu Rupiah Saja

Eka
Eka Pemasaran

Kalau anda berpikir tentang pemasaran, atau marketing anda pasti akan berpkir tentang web. Seperti yang saya singgung di tulisan ini. Biasanya kemudian anda akan berpikir website yang murah emang ada? Atau "Bagaimana caranya bisa punya website murah?" 

 

Anda mungkin tidak percaya kalau saya katakan biaya membuat blog ini, ya blog yang sedang anda baca ini adalah 60 ribu rupiah saja! Ini serius, biayanya cuma 60 ribu rupiah dan anda tidak salah baca. Bagaimana bisa? Bisa, kalau anda tahu dan paham yang anda lakukan.

 

Kemudian anda akan berpikir, “Wah pasti pakai programming kan?” Nah, kalau itu yang anda pikirkan, maka anda salah lagi! Iya, anda salah lagi. Saya tidak menggunakan teknik pemrograman apapun disini. Jangan salah, saya sangat mampu membuat aplikasi berbasis web yang sangat kompleks dengan bahasa pemrograman Python ataupun membuat aplikasi web dengan fitur kecerdasan buatan. 

 

Tapi untuk blog yang sedang anda baca ini semuanya menggunakan tools yang tersedia gratis di internet. Sekali lagi gratis. Hostingnya gratis, aplikasinya gratis, foto-fotonya juga gratis. Blog ini saya hubungkan dengan Google Analytics untuk memantau traffic, Facebook Pixel untuk memantau pengguna sosial. Semuanya gratis.


Selain itu juga saya menggunakan sebuah system untuk melakukan pemasaran online. Biasa disebut dengan sales funnel. Sebuah sales funnel akan membantu saya mengumpulkan leads dari aktivitas marketing yang saya lakukan, mengirimkan email secara rutin ke semua leads tersebut. Ya, tools ini juga gratis. Dan tentu saja tanpa pemgrograman apapun. Lalu untuk apa biaya 60 ribu tadi?

 

Biaya 60 ribu itu hanya untuk pendaftaran domain selama 5 tahun. Jadi selama 5 tahun kedepan, domain merva.biz.id adalah milik saya. Anda mungkin kaget, penasaran atau anda mungkin tertarik bagaimana caranya bikin website degan biaya 60 ribu rupiah saja untuk 5 tahun, tanpa coding apapun. Saya akan jelaskan, tapi sebelum itu ada beberapa hal dasar yang perlu diketahui tentang website.


Teknologi yang ada diseputaran web, adalah teknologi yang sejatinya amat sangat kompleks dengan perkembangan tiada akhir dan terus bergergak. Itulah sebabnya dunia teknologi informasi terkadang terasa sulit dijangkau, sulit dipahami. 

Tapi sebagaimanapun layaknya hal yang rumit dan kompleks pasti ada hal-hal mendasar yang bisa dijadikan pijakan dan pegangan. Nah inilah 4 diantaranya yang wajib anda pahami untuk bisa membuat website gratis. 


Halaman Web Statis

Ini adalah apa yang anda lihat dengan browser anda entah itu Firefox, Chrome, Safari atau Mircrosft Edge. HTML  adalah nama dari  teknologi yang membuat ini terjadi. Saat ini HTML sudah sampai pada versi 5.0 Selain HTML masih ada JavaScript untuk membuat website anda dinamis. Javascript membuat HTML bisa berperilaku selayaknya aplikasi web yang kompleks.  Teknologi Javascript atau Web scripting language sudah berkembang lebih jauh lagi dengan hadirnya Web assembly yang memungkinkan hadirnya game 3d kompleks atau aplikasi seperti Adobe Photoshop, atau bahkan AutoCAD bisa dijalankan melalui browser.

Dan terakhir adalah CSS untuk membuat tampilan halaman web anda indah. Tanpa CSS halaman web anda akan terlihat jadul ala tahun 90-an atau 2000-an awal.  

Dulu dan juga hari ini, untuk bisa membuat halaman web anda wajib menguasai minimal HTML dan CSS. Sedangkan membuat website menjadi dinamis seperti Facebook atau YouTube anda wajib menguasai Javascript.

Kalau anda merasa terintimidasi dengan semua istilah diatas, jangan khawatir karena saya membuat blog ini tanpa itu semua! Karenai hari ini sudah banyak tools gratis di internet yang memudahkan hidup anda. Terutama bila anda hanya ingin membuat blog sederhana seperti blog ini atau membuat website sederhana dengan 3 halaman saja. Tak harus menulis perintahnya secara manual.

Tapi kalau anda ingin membuat website seperti situs e-commerce, sosial media, video hosting, atau jual beli mobil, jual beli rumah, atau situs kompleks lainnya, maka programming adalah hal yang wajib.



Hosting


Bila halaman web itu berupa file, maka agar halaman web tersebut bisa hadir di internet diperlukan sebuah “Rumah” yang disebut dengan hosting. Hosting adalah sebuah komputer yang bertindak sebagai serve yaitur tempat dimana file-file HTML, Javascript dan CSS anda disimpan. 

Nah, hosting dulunya adalah hal yang mahal. Karena dulu untuk bisa membuat HTML tampil dan bisa dibaca oleh browser atau peramban diperlukan server. Jadi mau tidak mau anda harus membayar sejumlah uang untuk menyimpan file HTML anda sehingga bisa dibaca orang lain. 

Sekali lagi teknologi masa kini memungkin ini semua menjadi sangat mudah dan murah. Salah satunya adalah teknologi JAMSTACK. Teknologi ini memungkin anda membuat aplikasi web mulai yang sederhana hingga kompleks dengan biaya sangat murah bahkan gratis. Itulah sebabnya blog ini biayanya bisa sangat murah.

Selain itu teknologi lainnya memungkinkan anda  membuat website dengan modal Google Drive saja, serius. Semuanya tanpa coding yang rumit.

Domain

Setelah HTML, dan hosting maka anda perlu memberi nama untuk file HTML ini sehingga bisa disebut dengan website. Domain ini bisa bermacam-macam, mulai .com, .id, co.id, .net, .biz sampai dengan domain-domain terbaru seperti .ai, .technology, .travel dan masih banyak lagi lainnya. 

Harganya bevariasi mulai dari Rp12.000 per tahun hingga ada yang beberapa ribu rupiah hanya untuk membelinya saja (belum termasuk biaya tahuanannya).

Oya, domain ini untuk bisa “Dimiliki” harus membayar biaya tahunan tersebut. Bila kelupaan otomatis anda akan kehilangan domain tersebut.


DNS

Inilah bagian terakhir agar website anda terlihat dan terbaca di internet. DNS pada dasarnya ibarat “Kantor POS” di internet. Disini semua alamat tercatat dengan rapi. Masing-masing penyedia internet atau ISP misalkan Indiehome, Telkomsel, XL, Indosat, atau perusahaan sepeti Google, Facebook dll biasanya akan memiliki server DNS nya sendiri. 

Dalam server DNS ini alamat semua website di seluruh dunia akan tercatat dengan rapi. Menghubungkan website anda dengan server DNS akan membuatnya bisa dipanggil dari browser dari belahan bumi manapun selama ada internet.

Nah, lalu bagaimana caranya membuat website gratis? Apa saja tools yang diperlukan? Tunggu bagian kedua tulisan ini.

image credits: Format