Last Updated:
Ilustrasi Penjualan dan Pemasaran

Penjualan dan Pemasaran, Dasar Semua Bisnis. Inilah 5 Caranya

Eka
Eka Belajar Bisnis

Jika saya ditanya apa dasar dari semua bisnis? Maka jawaban saya adalah penjualan dan pemasaran. Dan ini bukan sekedar jawaban saya. Pengusaha sukses manapun, buku bisnis manapun memberikan jawaban yang kurang lebih sama. Produksi, keuangan tentu juga penting. Tapi dalam bisnis, pemasaran adalah kuncinya.

Salah satu pengusaha dan penulis yang mendorong ini adalah Robert T Kiyosaki dalam bukunya "Rich Dad Poor Dad" dia mengatakan bahwa "Ayah Kayanya" menyarankan dia untuk belajar menjual. Dan dia memilih menjadi sales Xerox. Dia memulai usahanya setelah berhasil menjadi sales Xerok terbaik.

Seberapapun hebatnya produk anda, bila tak seorangpun yang tahu  dan tak berhasil anda jual maka tak akan berguna. Maka dari itu pemasaran dan penjualan adalah keterampilan yang mutlak dimiliki oleh pengusaha manapun. 

Produk seringkali bisa diambil dari banyak sumber. Mulai dari hasil produksi teman atau saudara, produk pengusaha lain, atau anda impor dari China. Produk bisa dimulai dari mana saja. Tapi keterampilan marketing harus menempel pada diri anda. Harus anda miliki. 

Ada sangat banyak contoh perusahaan semacam yang berbasis pemasaran. Salah satu contoh perusahaan yang hampir sepenuhnya mengandalkan pemasaran adalah Nike. Nike tak pernah memiliki pabrik sepatu. Nike hanya punya badan riset dan tentu saja badan pemasaran yang super canggih. Sisanya semunya outsource. Hasilnya Nike adalah salah satu perusahaan perlengkapan olahraga terkemuka di dunia. 

Nike hanya fokus menciptakan produk yang baik, berkualias, dan desain yang baik. Selebihnya adalah mengatur pemasaran agar menciptkan pesan yang tepat, dan kuat kepada pelanggan. Produksi dilepas ke negara-negara lain. Termasuk quality control, logistik dan distribusi, juga di outsource ke perusahaan lain. Begitu juga dengan jaringan penjualan. Sangat efisien. Dalam skala kecil, ini juga bisa dilakukan saya dan anda. Kuncinya adalah penjualan dan pemasaran.

Lalu bagaimana caranya punya skill pemasaran dan penjualan? Ini adalah beberapa cara praktis yang bisa dilakukan untuk melatih keterampilan sales dan marketing sambil bekerja atau melakuan aktivitas lain. Dan tentu saja menghasilkan uang.

1. Bergabung dengan MLM atau Network Marketing

Saran ini akan terdengar kontroversial. Tapi percayalah ini cara paling efektif, murah, efisien dan juga sangat efektif dalam meningkatkan skill penjualan anda. Dan kalau berhasil anda sangat mungkin menghasilkan banyak uang dalam prosesnya. Tentu pilih organisasi pemasaran yang baik dengan sistem pelatihan yang baik.  Jika diikuti dengan tekun, hasilnya akan bisa anda rasakan dengan cepat.

Bergabung dengan MLM sangat saya rekomendasikan karena disini anda akan belajar presentasi bisnis, networking, menjual, menghadapi penolakan, kepemimpinan dan masih banyak lagi. Semuanya satu paket. Kuncinya, pilihlah MLM dengan sistem terbaik.

2. Jadi Sales Freelance atau Agen Properti

Ini juga cara murah efektif untuk belajar sekaligus menghasilkan uang . Secara esensial menjadi pengusaha adalah menjadi perantara yang baik. Menjadi agen properti yang baik akan memenuhi definisi ini. Selain keterampilan, pengalaman, dalam prosesnya anda juga akan mendapatkan uang selain pengetahuan mendalam tentang bisnis properti. Tentu anda akan belajar keterampilah penjualan dan pemasaran.

Begitu juga dengan menjadi sales freelance. Produknya bisa apa saja. Bisa asuransi, bisa produk saham atau forex. Apa saja. Pilihlah yang nyaman untuk anda pasarkan. Saya pribadi memilih menjadi agen properti dan sales freelance untuk mobil. Semuanya berbasis komisi. Seperti agen properti, disini anda akan belajar menjual dan memasarkan sekaligus menghasilkan uang.

3. Ikut Kursus dan Praktik Digital Marketing

Cara ini adalah cara moderen khas abad ke 21. Ada banyak yang menyediakan kursus atau memberikan mentoring. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, saran saya ikuti program mentoring. Belajar mencari produknya, belajar membuat iklan di Facebook, TikTok, Google dan lain-lain. 

Memahami ini semua berarti membuka pintu kepada dunia tak terbatas. Dengan bantuan kecerdasan buatan seperti sekarang ini. Maka bahasa tak lagi masalah. Anda akan belajar mengenai memilih segmen pasar, memilih produk, membuat copy writing, menjual, strategi pemasaran, strategi layanan pelanggan dan banyak lagi.

Sederhananya, seluruh konsep bisnis dari ujung ke ujung bisa anda pelajari disini dengan biaya relatif murah dan bertahap.

4. Ikut Kursus atau Baca Buku Copy Writing dan Praktikkan

Saya sudah menyinggung mengenai copy writing. Tapi saya jadikan sebagai poin terpisah. Saya belajar ini dengan sangat menyakitkan. Dan masih terus belajar sampai saat ini. Entah mengapa ini tak mudah saya kuasai. Tapi menjual melalui tulisan adalah skill yang mutlak anda kuasai. 

Entah kelak berbentuk landing page. Entah berbentuk brosur ataupun proposal bisinis. Tapi dengan copy writing yang baik dan sistem pemasaran yang baik, anda bisa menghasilkan uang secara terus-menerus tanpa harus berbusa-busa menjelaskan dan menjual produk secara konvensional. Itulah bedanya.

5. Ikut Kursus Business Presentation

Nah, bagi anda pengusaha business to business atau B2B. Untuk anda yang punya target pasar berupa perusahaan lain, atau pemerintah maka ini skill yang wajib anda kuasai. Memberikan presentasi bisnis yang baik adalah keterampilan sangat penting untuk pengusaha B2B. 

Selain presentasi, usaha jenis B2B juga penting dalam hal membangun relasi dengan para pejabat perusahaan atau pejabat pemerintah agar anda mendapatkan proyek. 

Nah, itu adalah 5 cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan anda diibidang pemasaran dan penjualan untuk mereka yang ingin menjadi pengusaha. Selamat mencoba!

image credits Pexels