Last Updated:

9 Software ERP Open Source dan Gratis, dan 2 yang Populer di Indonesia

Eka
Eka Operasional Bisnis

Dalam artikel terdahulu di Blog ini kita sudah sedikit membahas tentang apa itu ERP atau enterprise resource planning.

 

Biasanya di ranah ini, raksasa industri seperti Oracle, SAP, dan Microsoft Dynamics mendominasi, menawarkan solusi komprehensif namun seringkali mahal. Tapi bagaimana jika bisnis Anda belum siap untuk investasi sebesar itu atau memiliki kebutuhan yang lebih sederhana? Inilah saatnya alternatif open source masuk ke ranah ini.

 

Saat mempertimbangkan sistem ERP, sangat penting untuk memastikan bahwa sistem tersebut sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Terkadang, memiliki lebih banyak fitur tidak selalu berarti cocok. Namun, seiring dengan perkembangan bisnis Anda, kebutuhan Anda mungkin berubah. Oleh karena itu, amat bijaksana untuk mencari sistem ERP yang dapat tumbuh seiring dengan perusahaan Anda. Kemampuan adaptasi ini dapat tercermin melalui modul tambahan atau dukungan untuk plugin dan add-on.

 

Sebagian besar sistem ERP open source adalah aplikasi berbasis web yang dapat Anda unduh dan instal di server Anda. Namun, jika Anda lebih suka tidak mengelola sistem sendiri karena kurangnya keahlian atau sumber daya. Maka penting untuk memverifikasi ketersediaan versi yang di-hosting dari aplikasi tersebut. 

 

Selain itu dukungan untuk pengguna di Indonesia juga penting. Karena tanpa itu anda akan kesulitan.  Terakhir, aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah ketersediaan dokumentasi yang komprehensif dan dukungan, baik melalui layanan berbayar atau komunitas pengguna yang aktif.

 

Tersedia beragam sistem ERP open source yang fleksibel, kaya fitur, dan hemat biaya. Dalam tulisan ini kita akan membahas 9 aplikasi ERP Open Source. Tapi perhatikan, mungkin tak semuanya sesuai dengan usaha anda. Dan satu lagi, tak semuanya memiliki komunitas pengguna di Indonesia atau layanan teknis di Indonesia. Jadi saya akan jelaskan mana yang memiliki basis pengguna cukup kuat di Indonesia.

 

1. ADempiere

Ditujukan terutama untuk bisnis kecil dan menengah, ADempiere menawarkan fitur ERP multidimensi, termasuk manajemen rantai pasokan (SCM) dan manajemen hubungan pelanggan (CRM) untuk menyederhanakan proses penjualan, pembelian, inventaris, dan akuntansi. Ini adalah solusi cloud berbasis Java yang dapat diakses di berbagai sistem operasi dan perangkat. Adempiere adalah versi berbeda dari proyek ERP open source lain bernama Compiere

 

2. Dolibarr

Dolibarr menyediakan solusi manajemen komprehensif untuk bisnis kecil dan menengah, mencakup tagihan, kontrak, inventaris, pesanan, pembayaran, manajemen dokumen, dan sistem penjualan elektronik.

 

3. Apache OFBiz

Apache OFBiz menyediakan rangkaian alat bisnis terhubung dengan fleksibilitas untuk beradaptasi dengan kebutuhan organisasi. Ideal untuk perusahaan menengah atau besar, menawarkan modul untuk akuntansi, manufaktur, SDM, manajemen inventaris, manajemen katalog, CRM, dan e-commerce.

 

4. ERPNext

Dirancang untuk bisnis kecil dan menengah, ERPNext mencakup modul akuntansi, manajemen inventaris, penjualan, pembelian, dan manajemen proyek, menampilkan input data berbasis formulir untuk kemudahan pengguna. ERPNext adalah salah satu ERP open source yang memiliki komunitas cukup kuat di Indonesia dan juga memiliki layanan support untuk pengguna Indonesia. 

 

5. Metasfresh

Metasfresh, sistem ERP open source berbasis Java, ditargetkan pada pasar bisnis kecil dan menengah, menawarkan pembaruan frekuen serta inovasi yang menarik. Mentafresh juga merupakan versi berbeda dari Compiere

6. Odoo

Odoo menyajikan rangkaian aplikasi terintegrasi, termasuk manajemen proyek, penagihan, akuntansi, manajemen inventaris, manufaktur, dan pembelian. Ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna, mirip dengan Google Drive. Odoo juga memiliki basis pengguna yang cukup kuat di Indonesia termasuk dukungan dalam Bahasa Indonesia. Bahkan Odoo memiliki team sendiri yang beroperasi dari Indonesia.

7. Tryton

Tryton, berasal dari TinyERP, melayani bisnis dari segala ukuran dengan berbagai modul untuk akuntansi, penjualan, fakturasi, manajemen proyek, pengiriman, analitika, dan manajemen inventaris.

8. Axelor ERP

Axelor ERP menawarkan sistem ERP lengkap dengan lebih dari 20 komponen, mencakup pembelian, penagihan, penjualan, akuntansi, manajemen stok dan kas, semuanya dikemas dalam antarmuka yang ramah pengguna.

9. xTuple PostBooks

xTuple PostBooks adalah solusi komprehensif yang dirancang untuk bisnis di bidang manufaktur, distribusi, atau e-commerce yang memerlukan sistem ERP untuk mendukung pertumbuhan mereka. Ini mencakup kemampuan ERP, akuntansi, CRM, manajemen inventaris, distribusi, pembelian, dan pelaporan vendor.

Itulah sembilan software ERP berbasis open source di dunia yang bisa anda gunakan. Semua software tersebut bisa anda gunakan secara gratis. Ya, gratis 100%. Dalam arti anda tak perlu membayar lisensi apapun untuk menggunakan software ini. 

 

Tapi anda akan tetap perlu membayar biaya hosting, dukungan teknis, traning, dan dukungan instalasi. Untuk Oddo dan ERPNext penggunya cukup aktif di Indonsia. Jadi bagaimana, siap untuk menggunakan software ERP dalam usaha anda? Bila anda tertarik untuk mempelajari lebih jauh untuk implementasi ERPNext, team dari Merva bisa membantu anda. Silahkan hubungi team kami melalui email di eka at merva dot biz dot id atau melalui WhatsApp di link ini

image credits freepik.com